1. Aktivitas Pembelajaran Atletik
melalui Lompat Jauh
a. Aktivitas
pembelajaran gerak spesifik lompat jauh
Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat . jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh
b.
Pembelajaran
gerak kombinasi lompat jauh
Keseluruhan
rangkaian gerak lompat jauh terbagi dalam awalan, tolakan,melayang di udara,dan
pendaratan. Keterampilan gerak tersebut perlu di kuasai dengan baik untuk
mendapatkan koordinasi gerak yang baik sehingga menghasilkan jarak lompatan
yang jauh.
1) Awalan lompat jauh
Awalan lompat jauh dilakukan dengan lari percepatan ,yaitu lari dengan awalan pelan dan semakin lama semakin cepat.Cara melakukan awalan lompat jauh sebagai berikut.
a) Berdiri menghadap bak lompat jauh dengan jarak 30-45 meter .
b) Lakukan lari percepatan ,tetapi masih terkendali untuk melakukan tolakan.
c) Saat mendekati papan tolakan (sekitar 3-5 langkah terakhir),lakukan persiapan untuk mengubah kecepatan gerak horizontal (lalu awalan)menjadi kecepatan vertikan (tolakan)dengan langkah yang terakhir pendek.
Sasaran lari awalan dalam lompat jauh adalah saat tolakan kaki menumpu tepat pada balok tolakan. Oleh karena itu, anda perlu membuat tanda (check mark) pada permulaan lari dan 4 langkah sebelum menumpu. Cara menentukan check mark adalah sebagai berikut .
a) Pada permulaan lari (30-45 meter dari balok tumpuan),anda memasang check mark dengan cara sebagai berikut
(1) Berlari menuju balok tumpuan dengan langkah –langkah yang tetap.
(2) Jika tumpuan kaki terakhir melewati balok (semisal 2 kaki),maka check mark pertama mundur 2 kaki
(3) Ulangi lari awalan dengan langkah –langkah yang tetap hingga kaki tumpu tetap pada balok tumpuan.
b) Check mark kedua yaitu 4 langkah sebelum balok tumpu.
0 comments:
Posting Komentar